HEADLINE
 

Qanun Hukum Jinayat Berlaku Bagi Semua Orang di Aceh
BANDA ACEH - Penerapan Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat, yaitu sanksi hukum bagi para pelaku pelanggaran...

++Selengkapnya
>> index
CAKRADONYA
 

Sambut HUT ke- 809, Pemko Berikan Banda Aceh Madani Award
BANDA ACEH Pada 22 April 2014 mendatang, Banda Aceh genap berusia 809 tahun. Usia yang tergolong cukup tua untuk...

++Selengkapnya
>> index
MALIKUSSALEH
 

Lanal Didesak Basmi Pukat Harimau
LHOKSEUMAWE- Aparat Lanal Lhokseumawe yang selama ini berhasil menangkap kapal asing yang masuk ke perairan Aceh juga didesak menangani maraknya pemakaian...

++Selengkapnya
>> index
NAGGROE
 

Pengiriman Nilai Ujian Sekolah Lebih Awal Dibantah
TAPAKTUAN-Sejak sepekan terakhir suasana heboh menyelimuti dunia pendidikan Aceh Selatan. Kalangan masyarakat menuding pihak dinas mengirim nilai Ujian Sekolah (US)...

++Selengkapnya
>> index
NASIONAL
 

Polri Biayai Makan 54 ABK Thailand
Meulaboh - Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat lakukan patungan uang untuk menutupi pembiayaan komsumsi bagi 54 Anak Buah Kapal (ABK) Thailand...

++Selengkapnya
>> index
DO YOU KNOW?
 
>> index
"Orang mukmin itu pemimpin atas dirinya. Sesungguhnya ringanlah hisab atas suatu kaum yang menghisab dirinya di dunia.Dan sesungguhnya sukarlah hisab pada hari kiamat atas suatu kaum yang mengambil persoalan ini tanpa hisab" (Hasan Al Bashri)   Insya Allah jikalau hidup kita penuh manfaat dengan tulus ikhlas, maka kebahagiaan dalam bergaul dengan siapapun akan terasa nikmat, karena tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan kenikmatan kita adalah melakukan sesuatu untuk orang lain (AA Gym)     
 ARSIP  REDAKSI   PROFIL  BUKU TAMU  KONTAK  HOME  ePAPER 
Rakyat Aceh Online : Berita Utama - Qurban Nazar
  Jumat, 12 Januari 2007
Qurban Nazar

Assalamu'alaikum wr wb.
Hukum berqurban adalah sunnat dan kalau kita bernazar (Kaoy) untuk berqurban maka menjadi wajib, qurban wajib apabila mati hewan yang kita nazar, apakah wajib kita ganti dengan hewan yang lain atau kita sudah terlepas dari kewajiban nazar ?.

Dari-M.Nur,Aceh jaya.

Wa'alaikumussalam wr wb.
Saudara M. Nur yang dirahmati Allah swt, berqurban ialah menyembelih hewan tertentu pada hari raya aidul adha dan tiga hari tasyrik. Hewan qurban tidak boleh yang sakit dan cedera salah satu anggota badanya termasuk telinga dan ekornya.

Dalam kitab kifayatul Akhyar, juz II, hal 236 "Disyaratkan beberapa ketentuan dalam penyembelihan binatang qurban: 1. Penyembelihan, 2. Tukang sembelih, 3. Waktu penyembelihan, 4. hewan unta, sapi dan kambing dalam berbagai jenisnya, sesuai dengan petunjuk ayat dan hadist".

Satu ekor lembu, unta, kerbau bisa untuk tujuh orang dan satu ekor kambing, kibas, kebiri hanya bisa untuk satu orang saja. Jabir bercerita, kami keluar beserta Rasulullah sesudah tahallul haji, maka memerintah oleh Rasul untuk berqurban dengan cara berkongsi pada satu ekor unta atau lembu untuk tujuh orang dari kami (HR Muslim).

Berqurban bukan hanya untuk orang yang masih hidup akan tetapi bisa juga untuk orang yang sudah meninggal seperti ayah, ibu dan lainnya. Berbeda dengan Aqiqah, yang khusus dari ayah/wali untuk anaknya. Rasulullah bersabda: Tiga hal diwajibkan bagiku dan disunnatkan bagi kamu (Ummat) yaitu Shalat witir, berqurban dan shalat dhuha (HR Ibnu Abbas)

Daging qurban sunnat boleh dimakan oleh orang yang berqurban dan yang afdhal dibagikan kepada fakir miskin. Daging qurban wajib tidak boleh dimakan oleh orang yang berqurban akan tetapi wajib disedekahkan semuanya kepada faqir miskin.

Dalam kitab I'anatuth Thalibin, juz II, hal 333, "Haram memakan daging qurban oleh orang yang berqurban wajib, maka wajib bersedekah kepada fakir miskin seluruh dagingnya termasuk juga tulang dan kulitnya, kalau sekiranya diambil sedikit oleh orang yang berqurban maka wajib membayar yang lainnya untuk fakir miskin miskin".

Dalam kitab Al-Mughni Muhtaj, juz 4, hal 355, "Sunnat bagi seseorang yang berkeinginan untuk berqurban agar jangan menghilangkan rambut dan kukunya sebelum dia memotong hewan qurban".

Mewakilkan penyembelihan hewan qurban kepada orang lain seperti yang sering kita lihat sekarang ini adalah boleh dan sah sebagai qurban dengan ketentuan orang yang menerima wakil harus memenuhi syarat-syarat wakilah.

Didalam kitab Al-Mahalli, pada bab Wikalah "Dan syarat menjadi wakil adalah bahwa orang tersebut diperbolehkan (tidak sedang dicabut haknya) mengelola dirinya sendiri, bukan anak kecil, orang gila, wanita dan yang masih muhrimnya dalam nikah. Akan tetapi pendapat yang benar adalah boleh berpedoman kepada pendapat anak kecil dalam perizinan masuk rumah dan menyampaikan hadiyah, sesuai dengan pendapat ulama salaf.

Demikian halnya dengan budak wanita yang mengabarkan dirinya telah dihadiahkan, maka budak tersebut boleh disetubuhi oleh sipenerima hadiah, orang fasik hukumnya sama dengan anak kecil.

Masing-masing mereka dari mereka itu disyaratkan sudah pandai, terpercaya dan diduga kejujurannya. Pengertian menyampaikan hadiah mencakup undangan untuk pengantin, menyembelih binatang kurban dan membagikan zakat,"
Dalam kitab Al-Mughni Muhtaj, juz 4, hal 362, "Seseorang yang bernazar untuk berqurban dengan hewan yang dikhususkan, seperti berkata 'Demi Allah kewajiban atasku untuk berqurban dengan hewan in, maka mesti menyembelih hewan tersebut dalam waktu yang telah ditentukan untuk berqurban, maka apabila hewan tersebut mati/hilang karena bukan unsur kelalaiannya sebelum waktu berqurban maka tidak wajib mengganti dengan hewan yang lain. Dan jika mati/hilang karena ada unsur kesengajaan atau kelalaian maka wajib mengganti dengan hewan lain yang sama dengannya".

Menyembelih hewan qurban pada waktu malam makruf hukumnya karena sangat memungkinkan ketidak sempurnaan penyembelihan pada waktu malam.
Wallahu a'lam bissawab.

 
Cetak Berita Ini Berikan Tanggapan Kirim ke teman
  Baca Juga:
  Melembagakan Politik Hijau
  Hikmah Lailatul Qadar
  Simbolisasi Qarun
  Membangun Budaya Tabayyun
  Oleh : KH Agoes Ali M.
Mencari Santapan Rohani

 


  Lokakarya Jurnalis Nasional Black Campaign Menghimpit Minyak Sawit
Persaingan minyak nabati begitu ketat di pasaran global. Alhasil,...
 
>> index
JENAYAH
  Ratusan Orang Meninggal Akibat Lakalantas
BANDA ACEH - Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas setiap tahun...
 
>> index
INTERNASIONAL
  MK Turki Cabut Pemblokiran Twitter
ISTAMBUL - Mahkamah Konstitusi Turki melakukan pencabutan pemblokiran media sosia Twitter....
 
>> index
HOTLINE  

061-7883059

OBIS
  Paramitha: Dahlan Iskan jadi Presiden, Indonesia Lebih Baik
...
 
 Sebelumnya
 
  Dian Sastro Semangat Langsingkan Diri demi Suami
  Kembali Alami Keguguran
  Batal Kawin Karena Video Bugil
 
OLAHRAGA ACEH
  Penonton Setia NBL Kini Tak Perlu Antri Tiket
JAKARTA - Penonton setia Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014...
 
>> index
Pemanfaatan naskah sebahagian/seluruhnya dari website ini, mohon mencantumkan kode url http://rakyataceh.com

Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan :
BANDA ACEH: DR. Mr. H. Muhammad Hasan, SP Batoh Banda Aceh, Tlp (0651) 35478

LHOKSEUMAWE: Jl. Baiturrahim No. 15 Tlp. (0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe.


IP Anda: 54.198.202.148
| Lokasi: Tak dikenal- | Online: 16 User
Copyright © 2005 by