HEADLINE
 

Kemendagri Adopsi e-Kinerja Milik Pemko
BANDA ACEH - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menyampaikan jika pemerintah tertarik menggunakan aplikasi e-kinerja milik...

++Selengkapnya
>> index
CAKRADONYA
 

1.412 Anggota Linmas Disebar
Linmas Diminta Netral SULAIMAN WARTA : BANDA ACEH sulaimanwarta@yahoo.co.id BANDA ACEH – Sebanyak 1.412 personil perlindungan masyarakat (Linmas) di sebar untuk melakukan pengamanan...

++Selengkapnya
>> index
MALIKUSSALEH
 

Pelajar Rekam E-KTP
LHOKSEUMAWE- Sekitar 6 ribu lebih pelajar tingkat SMA se- Kota Lhokseumawe, telah merekam elektronik. Rata-rata usia mereka, saat proses perekaman e-KTP...

++Selengkapnya
>> index
NAGGROE
 

Pelantikan Wali Kota Subulussalam Tunggu SK Mendagri
BANDA ACEH – Pelantikan Wali Kota dan wakil Wali kota terpilih Kota Subulussalam masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri...

++Selengkapnya
>> index
NASIONAL
 

SBY Resmikan Bandara Kuala Namu
SBY Resmikan Enam Bandara JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Kamis (27/3), meresmikan enam proyek pembangunan dan pengembangan bandara yang terpusat...

++Selengkapnya
>> index
DO YOU KNOW?
 
>> index
"Orang mukmin itu pemimpin atas dirinya. Sesungguhnya ringanlah hisab atas suatu kaum yang menghisab dirinya di dunia.Dan sesungguhnya sukarlah hisab pada hari kiamat atas suatu kaum yang mengambil persoalan ini tanpa hisab" (Hasan Al Bashri)   Insya Allah jikalau hidup kita penuh manfaat dengan tulus ikhlas, maka kebahagiaan dalam bergaul dengan siapapun akan terasa nikmat, karena tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan kenikmatan kita adalah melakukan sesuatu untuk orang lain (AA Gym)     
 ARSIP  REDAKSI   PROFIL  BUKU TAMU  KONTAK  HOME  ePAPER 
Rakyat Aceh Online : LHOKSEUMAWE - SMP 1 Lhokseumawe Tutup Penerimaan Siswa Reguler
  Kamis, 8 April 2010 | 09:44
SMP 1 Lhokseumawe Tutup Penerimaan Siswa Reguler

LHOKSEUMAWE- Mulai tahun ini, SMP Negeri 1 Lhokseumawe tidak lagi menerima siswa regular. Tetapi sekolah yang sudah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) akan menerima 100 persen siswa sesuai aturan SBI. Bahkan kini pihaknya telah melakukan seleksi administrasi terhadap sejumlah siswa.

Menurut Kepala SMP 1 Lhokseumawe, status RSBI telah berjalan sekitar dua tahun lalu. Selama ini di sekolah itu masih terdapat sejumlah kelas umum bukan RSBI. Sesuai aturan dari kementrian pendidikan nasional, maka tahun 2010 SMP 1 akan menerima semua siswa dengan standar SBI.

“Sejauh ini kita telah melayangkan pemberitahuan kepada sejumlah sekolah dasar yang ada di Kota Lhokseumawe. Hal ini untuk mengirimkan nilai para siswa mereka yang akan lulus tahun ini. Adapun usulan nama itu harus disertai dengan nilai rapor dengan rata-rata 7 dari kelas 4 hingga kelas 6,” terang M.Yunus.

Sambungnya, saat ini jumlah siswa yang sudah masuk mencapai 328 siswa SD. Namun dari seleksi administrasi yang dilakukan hanya sekitar 278 siswa yang dinyatakan lulus. Kepada siswa ini nantinya juga akan dilakukan seleksi tambahan, yakni psycotest dan juga tes tertulis serta wawancara.

“Jadi tahun ini SMP 1, resmi tidak menerima siswa reguler lagi. Bukan bukan kemauan kami, tetapi ini merupakan aturan dari menteri. Dari jumlah 278, nantinya akan diseleksi lagi, hingga jumlah siswa mencapai 192 siswa,” jelas M Yunus yang mengaku belum satu bulan menjabat.

Selain seleksi administrasi menyangkut nilai dan berbadan sehat. Kelebihan siswa dibidang komputer dan bahasa Inggris juga menjadi penilaian kelulusan. Sebab pada saat mereka belajar nantinya, pembelajaran dengan berbahasa Inggris mencapai 30 persen. Persentase ini terus naik menyusul kenaikan kelas para siswa.

“Komitmen saya adalah menghilangkan RSBI menjadi SBI dalam waktu dekat ini. tentunya ini tidak mudah, sebab diperlukan dukungan dari semua sisi. Baik SDM tenaga pengajar, fasilitas pendukung, biaya dan juga perekrutan siswa yang benar-benar selektif,” terangnya.

Saat ini, lanjutnya, fasilitas ruang belajar RSBI di SMP 1 telah didukung oleh sejumlah sarana. Seperti, satu unit komputer, televisi, DVD, in Focus dan layar serta sarana lainnya. Bahkan ruang belajar yang nyaman memakai Air Conditioner (AC). Jumlah siswa dalam satu ruang belajar tidak lebih dari 24 orang.

Suksesnya program RSBI itu tentunya memerlukan sejumlah dana yang besar. Ditanya terkait hal ini, kepsek membenarkannya. Jika tidak, dipastikan program tersebut sulit diwujudkan secara maksimal. Selama ini sumber pembiayaan merupakan sharing dari APBN, APBA dan juga APBK Lhokseumawe.

“Kalau juga ternyata dana sharing tidak mencukupi, dalam aturan dibenarkan menerima bantuandari orang tua siswa. Tetapi itupun akan kita lakukan melalui musyawarah dengan pihak komite sekolah dan para orang tua siswa,” ujarnya. (agt)

 
Cetak Berita Ini Berikan Tanggapan Kirim ke teman
  Baca Juga:
  Pelajar Rekam E-KTP
  KIP Pastikan Napi Tetap Punya Hak Pilih
  Lima Kecamatan Rawan Pemilu
  Baitul Mal Tawarkan Beasiswa Tahfidh Alquran
  Sektor Pembangunan Masih Terjadi Kesenjangan

 


  Lokakarya Jurnalis Nasional Black Campaign Menghimpit Minyak Sawit
Persaingan minyak nabati begitu ketat di pasaran global. Alhasil,...
 
>> index
JENAYAH
  Ratusan Orang Meninggal Akibat Lakalantas
BANDA ACEH - Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas setiap tahun...
 
>> index
INTERNASIONAL
  MK Turki Cabut Pemblokiran Twitter
ISTAMBUL - Mahkamah Konstitusi Turki melakukan pencabutan pemblokiran media sosia Twitter....
 
>> index
HOTLINE  

061-7883059

OBIS
  Paramitha: Dahlan Iskan jadi Presiden, Indonesia Lebih Baik
...
 
 Sebelumnya
 
  Dian Sastro Semangat Langsingkan Diri demi Suami
  Kembali Alami Keguguran
  Batal Kawin Karena Video Bugil
 
OLAHRAGA ACEH
  Penonton Setia NBL Kini Tak Perlu Antri Tiket
JAKARTA - Penonton setia Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014...
 
>> index
Pemanfaatan naskah sebahagian/seluruhnya dari website ini, mohon mencantumkan kode url http://rakyataceh.com

Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan :
BANDA ACEH: DR. Mr. H. Muhammad Hasan, SP Batoh Banda Aceh, Tlp (0651) 35478

LHOKSEUMAWE: Jl. Baiturrahim No. 15 Tlp. (0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe.


IP Anda: 54.205.221.22
| Lokasi: Tak dikenal- | Online: 8 User
Copyright © 2005 by