HEADLINE
 

Qanun Hukum Jinayat Berlaku Bagi Semua Orang di Aceh
BANDA ACEH - Penerapan Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat, yaitu sanksi hukum bagi para pelaku pelanggaran...

++Selengkapnya
>> index
CAKRADONYA
 

Sambut HUT ke- 809, Pemko Berikan Banda Aceh Madani Award
BANDA ACEH – Pada 22 April 2014 mendatang, Banda Aceh genap berusia 809 tahun. Usia yang tergolong cukup tua untuk...

++Selengkapnya
>> index
MALIKUSSALEH
 

Lanal Didesak Basmi Pukat Harimau
LHOKSEUMAWE- Aparat Lanal Lhokseumawe yang selama ini berhasil menangkap kapal asing yang masuk ke perairan Aceh juga didesak menangani maraknya pemakaian...

++Selengkapnya
>> index
NAGGROE
 

Pengiriman Nilai Ujian Sekolah Lebih Awal Dibantah
TAPAKTUAN-Sejak sepekan terakhir suasana heboh menyelimuti dunia pendidikan Aceh Selatan. Kalangan masyarakat menuding pihak dinas mengirim nilai Ujian Sekolah (US)...

++Selengkapnya
>> index
NASIONAL
 

Polri Biayai Makan 54 ABK Thailand
Meulaboh - Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat lakukan patungan uang untuk menutupi pembiayaan komsumsi bagi 54 Anak Buah Kapal (ABK) Thailand...

++Selengkapnya
>> index
DO YOU KNOW?
 
>> index
"Orang mukmin itu pemimpin atas dirinya. Sesungguhnya ringanlah hisab atas suatu kaum yang menghisab dirinya di dunia.Dan sesungguhnya sukarlah hisab pada hari kiamat atas suatu kaum yang mengambil persoalan ini tanpa hisab" (Hasan Al Bashri)   Insya Allah jikalau hidup kita penuh manfaat dengan tulus ikhlas, maka kebahagiaan dalam bergaul dengan siapapun akan terasa nikmat, karena tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan kenikmatan kita adalah melakukan sesuatu untuk orang lain (AA Gym)     
 ARSIP  REDAKSI   PROFIL  BUKU TAMU  KONTAK  HOME  ePAPER 
Rakyat Aceh Online : Berita Utama - Qanun Wali Nanggroe Disahkan
  Sabtu, 3 November 2012 | 09:51
Qanun Wali Nanggroe Disahkan

Banda Aceh-DPR Aceh, Jumat sore (2/11), akhirnya mengesahkan qanun Wali Nanggroe. Selain itu, dewan juga mengesahkan tiga rancangan qanun (raqan) usulan eksekutif yaitu qanun perkebunan, qanun RPJP Aceh dan qanun Aceh dana abadi pendidikan.Pengesahan empat qanun tersebut, diawali dengan penyampaian pendapat akhir masing – masing fraksi yang ada di DPR Aceh. Dalam paripurna tersebut, keempat fraksi di DPR Aceh menyatakan setuju keempat raqan disahkan dengan syarat sejumlah perbaikan. Keempat fraksi tersebut ialah Fraksi Partai Aceh yang di dalamnya terdapat beberapa anggota dewan dari PAN, lalu Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKS-PPP.

Sementara itu, dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi Partai Demokrat terhadap raqan Lembaga Wali Nanggroe yang dibacakan oleh anggota Jamaluddin T Muku menyampaikan beberapa usulan. Terhadap pasal 5 ayat (3) agar disebutkan, anggota Majelis Tuha Peuet Wali Nanggroe sebagaimana dimaksud pada ayat (2), secara berimbang dan proporsional, haruslah orang-orang yang memiliki keriteria ahli Tauhid, Ahli Fiqih, Ahli Tasawuf dan Ahli Mantik.

Kemudian mengenai persyaratan calon Wali Nanggroe dalam bab V bagian kesatu paragraf 1 pasal 69, pihaknya mengusulkan untuk menambah tiga huruf setelah huruf j, yaitu huruf k, l dan m. K, tidak pernah melakukan perbuatan tercela, l, mampu membaca kitab suci Al Quran dengan tartil, dan M, mampu menjadi imam dan khatib pada sholat Jumat.Demikian pula mengenai persyaratan calon Waliyul’ahdi dalam Bab V bagian kedua paragraf 1 Pasal 72, diusulkan untuk menambah tiga huruf setelah huruf j, yaitu huruf k, l dan m. K, tidak pernah melakukan perbuatan tercela, l, mampu membaca kitab suci Alquran dengan tartil, dan M, mampu menjadi imam dan khatib pada sholat Jumat.

Begitu pula mengenai persyaratan calon anggota Majelis Tuha Peuet, Majelis Fatwa, dan Majelis Tuha Lapan di dalam Bab V bagian ketiga; keempat; dan kelima, paragraf 1 pasal 75, 78 dan 81, masing-masing kami mengusulkan untuk menambah tiga-tiga huruf setelah huruf j, yaitu huruf k; l; dan m.Fraksi Partai Demokrat menginginkan agar persyaratan calon Wali Nanggroe, calon Waliyul’ahdi dan calon anggota Majelis Tuha Peuet, Majelis Fatwa, dan Majelis Tuha Lapan, sebagaimana seorang calon gubernur dan calon anggota DPRA, DPRA, Bupati dan Walikota yang diuji kemampuan membaca Alquran dengan baik. Sesuai dengan pasal 3 huruf (b) yaitu tujuan pembentukan Lembaga Wali Nanggroe adalah meninggikan Dinul Islam.

Sementara itu, Abdullah Saleh yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Pansus I Rancangan Qanun Wali Nanggroe kepada wartawan menyampaikan bahwa terkait dengan tidak dimasukkan persyaratan uji mampu baca Alquran persyaratan calon Wali Nanggroe, calon Waliyul’ahdi, calon anggota Majelis Tuha Peuet, Majelis Fatwa, dan Majelis Tuha Lapan, karena sudah masuk secara implisit, namun tidak dibasakan secara eksplisit.

Ia menerangkan untuk menjaga kesakralan Wali Nanggroe, maka proses pemilihannya pun harus berbeda dengan pemilihan kebanyakan, seperti halnya pemilihan gubernur atau kepala daerah dan anggota DPRA. (slm)

 
Cetak Berita Ini Berikan Tanggapan Kirim ke teman
  Baca Juga:
  Qanun Hukum Jinayat Berlaku Bagi Semua Orang di Aceh
  Kemendagri Adopsi e-Kinerja Milik Pemko
  Polisi Temukan 3 Ribu Kampanye Bodong
  Gubernur Minta Aset Prabowo Dialihkan Ke Aceh
  Walikota Garuk Perempuan Malam

 


  Lokakarya Jurnalis Nasional Black Campaign Menghimpit Minyak Sawit
Persaingan minyak nabati begitu ketat di pasaran global. Alhasil,...
 
>> index
JENAYAH
  Ratusan Orang Meninggal Akibat Lakalantas
BANDA ACEH - Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas setiap tahun...
 
>> index
INTERNASIONAL
  MK Turki Cabut Pemblokiran Twitter
ISTAMBUL - Mahkamah Konstitusi Turki melakukan pencabutan pemblokiran media sosia Twitter....
 
>> index
HOTLINE  

061-7883059

OBIS
  Paramitha: Dahlan Iskan jadi Presiden, Indonesia Lebih Baik
...
 
 Sebelumnya
 
  Dian Sastro Semangat Langsingkan Diri demi Suami
  Kembali Alami Keguguran
  Batal Kawin Karena Video Bugil
 
OLAHRAGA ACEH
  Penonton Setia NBL Kini Tak Perlu Antri Tiket
JAKARTA - Penonton setia Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014...
 
>> index
Pemanfaatan naskah sebahagian/seluruhnya dari website ini, mohon mencantumkan kode url http://rakyataceh.com

Alamat Redaksi/Pemasaran/Iklan :
BANDA ACEH: DR. Mr. H. Muhammad Hasan, SP Batoh Banda Aceh, Tlp (0651) 35478

LHOKSEUMAWE: Jl. Baiturrahim No. 15 Tlp. (0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe.


IP Anda: 54.234.217.247
| Lokasi: Tak dikenal- | Online: 16 User
Copyright © 2005 by